Mengenali Lebih Dalam Aplikasi Games Sebelum Dimainkan Anak

Memberi fasilitas ponsel pintar android bukan berarti kita melepas tangan begitu saja tanpa memperhatikan atau memonitor segala aktivitas anak anak. Terkadang sering kali orang tua mengabaikan ini, jika hal ini anda lakukan jangan salahkan anak anda jika mereka berprilaku tak baik tapi koreksilah diri anda.
Surga atau Neraka

Sekarang begitu banyak aplikasi dan permainan di android ada yang bertujuan baik untuk memberi edukasi pada anak, ada yang hanya semata mengejar uang dari iklan yang di tayangkan di dalam aplikasi, dan ada yang sengaja untuk merusak generasi bangsa. Hal ini perlu kewaspadaan orang tua si anak dalam memilih aplikasi yang baik pada anak dan disini di perlukan survey orang tua dalam menilai aplikasi android sebelum di berikan pada anak.

Sekarang game sudah seperti boomerang bagi anak pasalnya sebagian besar game di buat untuk keperluan politik, alat perang, dan mesin penghasil uang. Jika kita liat dunia sekarang banyak sekali jutawan jutawan muda yang kaya hanya karena membuat game, disini saya tak menyalahkan semua develop game karena sebagian dari mereka masih peduli terhadap masa depan anak anak tapi bagaimana yang sebagian besar. Yang mereka pikirkan hanya uang dan iklan serta agenda tersembunyi yang terdapat dalam game. Menurut saya publisher atau develop dibayar untuk menampilkan hidden message ini, itu kenapa develop dan publisher tak takut jika gamenya dibenci playernya jika suatu saat mereka membaca pesan tersembunyi tersebut.

Saya rasa di jaman sekarang sangat mudah mengenali game yang mana yang baik dan yang mana yang buruk yang setiap harinya ada ratusan games android yang release bahkan mungkin ribuan. Hanya saja orang tua tak peduli dengan hal tersebut, mereka lebih memperdulikan teman virtualnya di facebook atau mungkin mereka sibuk dengan games bayi tabung atau binatang peliharaan sehingga melalaikan tugas mereka sebagai orang tua, yang mereka ingin anaknya happy dan diam.

Sangat di sayangkan hal ini juga terjadi di sekitar kita bahkan kerabat dekat kita mungkin juga berkelakuan seperti itu. Artikel ini merupakan pengalaman pribadi saya juga dimana saat saya menasehati game ini tidak baik bagi anak anak mereka malah membanding banding kan dengan judi, free sex, dan lain lain yang menurut saya tidak nyambung. Padahal jika mereka salah memberikan konsumsi games android pada anak mereka lambat laun anaknya pun bakal terjerumus ke perjudian, free sex, kriminal dll. Jaman sekarang game android apa sih yang tak memakai sistem judi dan gambling ? semuanya pake... mau dapetin koin gratis mesti gambling dulu atau judi, menurut saya kalo mau kasih gratisan ya kasih aj tanpa perlu mengadu nasib.

Saya harap orang tua perhatikan anak anda dengan memberikan mereka bimbingan, jangan hanya karena anak diam dan happy bermain game itu akan baik. Ingat lah, setiap fasilitas itu netral sepertinya android bisa baik atau buruk. Jika kita lihat pisau, pisau bisa berguna jika kita gunakan untuk hal hal berguna dan menjadi jahat jika kita gunakan untuk menyakiti

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »